Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Lakukan VM Mengenai Klik KB

Pekanbaru – (11/02), Perwakilan BKKBN Riau melakukan sosialiasi klik KB kepada para bidan di Provinsi Riau. Sebagai nara sumber adalah Ibu dr. Nia MAPS dari BKKBN Pusat, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Riau Ibu Hj. Darmiati, A.Md.Keb.,S.K.M., M.Kes dan juga Ibu drg Mita Maya Don. Dalam kesempatan tersebut Ibu dokter Nia menyampaikan materi bahwa Klik KB ini merupakan aplikasi yang bisa diunduh oleh para Bidan untuk lebih memberikan pelayanan Prima kepada PUS yang ada di sekitarnya.
Hadirnya aplikasi Klik KB ini akan memberikan kemudahan bagi para bidan dan juga PUS dalam memberikan dalam pelayanan KB. PUS yang ingi berKB baik baru maupun ulangan bisa janjian lewat aplikasi klik KB mengenai kapan dan metode KB apa yang ingin digunakan. Selain itu, Para PUS juga bisa melakukan konseling dengan para bidan.
Sementara itu, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Riau menyampaikan peran bidan dalam mensukseskan Program KB. Beliau menyampaikan bahwa peran bidan sangat mulia karena bidan merupakan garda terdepan penurunan angka kematian ibu. Selain itu, dengan hadirnya bidan hal ini juga makin mempermudah tercapainya program-program pemerintah terutama dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan menciptakan 2 anak lebih sehat. Di masa pandemi ini bidan tetap memberikan pelayanan meskipun dengan protokol yang ketat. Dimana ada bidan di sana ada KB.
Sementara itu drg, Mita Maya Don menyampaikan materi mengenai alokon varian baru, salah satunya adalah alat kontrasepsi pil yang bisa digunakan untuk para ibu menyusui tanpa harus mengganggu produksi ASI untuk si kecil.
Di akhir acara Ibu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada IBI di Provinsi Riau yang telah membantu memsukseskan program bangga kencana terutama untuk pelayanan KB. Beliau mengharapkan kerjasama ini untuk bisa ditingkatkan di masa-masa yang akan datang. Selain itu beliau juga berpesan bahwa semua bidan praktek mandiri agar menggunankan media aplikasi Klik KB terutama di saat pandemi seperti ini serta bagi para bidan yang telah mengikuti CTU agar mengisi aplikasi MONIKA. Berencana itu keren.