Kepala BKKBN Riau Lakukan Audiensi Dengan Bupati Inhil

Tembilahan – (BKKBN Riau) – Kepala Perwakilan BKKBN Riau melakukan audiensi dengan Bupati Indragiri Hilir, H. M Wardan pada kamis (18/2) di tembilahan, Indragiri Hilir.

 

Audiensi dalam rangka advikasi ini, turut dihadiri Koordinator Bidang dan Sub Koordinator Bidang di Perwakilan BKKBN Provinsi Riau untuk membahas beberapa hal strategis:

 

  1. Penurunan angka stunting melalui pengasuhan 1000 HPK dan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Kabupaten Indragiri Hilir memiliki program DMIJ (Desa Maju Inhil Jaya) yang memiliki pendamping desa, fasilitator di tingkat kecamatan yang dapat disinergikan dengan kegiatan-kegiatan penurunan stunting yg dapat menyasar sampai ke desa. Untuk menurunkan PUP juga bekerjasama dengan kemenag melalui sosialisasi kesehatan reproduksi dan stunting dengan calon pengantin, namun bagi remaja yg terlanjur menikah dan memiliki anak di dorong untuk mengikuti sidang isbat untuk mendapatkan rekom ke KUA kemudian dicatatkan ke catatan sipil untuk memperoleh buku KUA.

 

  1. Mensukseskan Pendataan Keluarga 2021 untuk mendapatkan data keluarga by name by address. Indragiri Hilir memiliki program satu data, yang dikomandani oleh Kominfo Indragiri Hilir PK 2021 dapat dikolaborasikan dengan program ini sehingga cakupan pencapaian dapat disinergikan dengan program satu data.

 

  1. Jumlah PKB yang ada di Inhil hanya 7 oranh dimana wilayah kerja harus menjangkau 20 kecamatan. Terkait kekurangan tenaga penyuluh program bangga kencana di kabupatem Inhil dapat disinergikan dengan kegiatan DMIJ yg memiliki SDM di level kabupaten, kecamatan dan desa

 

Diharapkan dengan adanya audiensi ini maka percepatan progam Bangga Kencana di Provinsi Riau dan Kabupaten Indragiri Hilir khusunya dapat tercapai dengan maksimal.