Depan > Index Berita > Materi Kependudukan Dan KB Dalam Rapat Kerja Dandim Dan Danramil Korem 031/Wirabima Tahun 2013
Materi Kependudukan Dan KB Dalam Rapat Kerja Dandim Dan Danramil Korem 031/Wirabima Tahun 2013
Rabu, 6 Maret 2013
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau pada tanggal 6 Maret 2013, hadir dalam Rapat Kerja (Raker) Dandim dan Danramil Komando Resort Militer (Korem) 031/Wirabima Tahun 2013 yang diadakan di Aula Wiratama Korem 031/Wirabima Jl. Mayor Ali Rasyid No. 1 Pekanbaru. Kehadiran Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau guna memenuhi undangan dari Komandan Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI. Teguh Rahardjo, sekaligus memberikan materi mengenai Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) di Provinsi Riau.
 
Dalam Raker ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Endang Moerniati, SH, MSc memberikan Materi di depan para Kasi Korem, Komandan Satuan Dinas Jabatan Jajaran Korem (Dansatdisjan), dan para Danramil berserta jajarannya di lingkungan Korem 031/Wirabima. Penekanan materi Kependudukan dan Keluarga Berencana yang disampaikan Endang Moerniati adalah pada ledakan penduduk di Indonesia, khususnya pada Provinsi Riau dalam jangka waktu 10 tahun terakhir. Pertumbuhan penduduk yang cepat ini cukup menghawatirkan jika tidak segera dilakukan tindakan perencanaan laju dan distribusi penduduk, terutama jika dilihat dari faktor kenyamanan sosial. Pertumbuhan penduduk yang tidak kerkendali, diikuti dengan tidak adanya pertumbuhan dan pemerataan ekonomi yang signifikan dan kualitatif maka akan lahir pelbagai permasalahan sosial.
 
Kejahatan yang meningkat, pengangguran yang banyak, kemiskinan yang akut serta kerawanan sosial lainnya adalah hal yang pasti terjadi jika pertumbuhan penduduk tidak segera dikendalikan dan direncanakan dengan baik. Bahkan bisa bermuara pada disintegrasi bangsa. Untuk itu, Endang Moerniati kembali menghimbau kerja sama yang selama ini telah terbangun antara Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dengan Korem 031/Wirabima dalam hal pelayanan KB terus ditingkatkan dan dipererat.
 
Dalam penutup paparannya, Endang Moerniati mengajak para Danramil Korem 031/Wirabima untuk mengikuti kegiatan Orientasi Program KKB yang akan dilaksanakan Perwakilan BKKBN. Dimana kegiatan tersebut diharapkan makin mempererat kemitraan yang selama ini telah berjalan antara kedua instansi dalam mensukseskan Program KKB. (zls)