Depan > Index Berita > Pekanbaru Miliki 12 Kampung KB
Pekanbaru Miliki 12 Kampung KB
Selasa, 22 Agustus 2017

Pekanbaru - Tersebar di 12 kecamatan yang ada, Kota Pekanbaru kini resmi memiliki 12 kampung keluarga berencana (KB). Kampung KB diharapkan bisa menjadi percontohan (pilot project) pengelolaan dan pengembangan kualitas kehidupan masyarakat lewat program KB.

Pencanangan Kampung KB ini sendiri digelar, Selasa (22/8) di Lapangan Baterai P, Jalan HR Soebrantas. Bersamaan dengan ini dicanangkan pula Bakti Sosial TNI KB-Kesehatan. Dengan pencanangan yang dilakukan, 12 Kampung KB yang sudah resmi ada di Pekanbaru adalah terletak di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Buktiraya, Melebung di Tenayan Raya, Kelurahan Sukamulya di Sail, Sukaramai di Pekanbaru Kota, Kampung Tengah di Sukajadi, Tangkerang Barat di Marpoyan Damai, Air Putih di Tampan, Tampan di Payung Sekaki, Sri Meranti di Rumbai, Pesisir di Limapuluh, Meranti Pandak di Rumbai Pesisir dan Kampung Bandar di Senapelan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru H Muhammad Amin kepada Riau Pos di sela-sela pencanangan mengungkapkan, Kampung KB bukan hanya kampung kontrasepsi.’’Tapi masyarakat yang berencana. Bagaimana Meningkatkan SDM dan ekonomi kerakyatan masyarakat lewat KB,’’ katanya.

Daerah yang dipilih sebagai Kampung KB katanya bukanlah tempat yang dalam kondisi baik. Lokasi yang dipilih memiliki karakteristik terletak di pinggir kota, ekonominya turun, padat penduduk, kumuh, dan penggunaan KB rendah. ‘’Ini akan jadi pilot project tingkat kecamatan. Keberhasilannya tidak bisa setahun dua tahun, pendampingan akan berkelanjutan,’’ imbuhnya.