BKKBN Riau jalin sinergitas TNI dan IBI atasi Stunting

Perwakilan BKKBN Provinsi Riau bersama pihak terkait khususnya TNI dan IBI, Senin (5/9/2022) mengadakan pertemuan Penguatan Pengelolaan Pelayanan KB dan Percepatan Penurunan Stunting di Fasilitas Kesehatan, Jaringan dan Jejaring bersama mitra kerja dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 di Pekanbaru.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si mengatakan pertemuan untuk mencapai target penurunan Stunting di Riau.

“Salah satu target dari penguatan program KB adalah meningkatkan kesertaan ber-KB. Oleh karena itu hari ini dilakukan penguatan sehingga diharapkan melalui pertemuan dengan mitra kerja terutama TNI dan IBI bisa meningkatkan kesertaan ber-KB di Riau,” ungkapnya.

Diketahui kegiatan ini diikuti oleh OPD KB se Riau, Kasiter dan Babinsa di jajaran Korem 031 Wirabima Pekanbaru agar bisa berkolaborasi di lapangan dengan mengejar waktu yang tinggal satu bulan lagi dengan target 52.000 lebih.

Dikatakan, salah satu kegiatan yang sudah dilakukan untuk mempercepat kesertaan ber-KB yaitu melalui TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan.

“Pelayanan sudah dilaksanakan, kita bekerja sama dengan perusahan untuk mengejar target kesertaan yang lebih dari 52.000, karena waktunya tinggal satu bulan lagi,” katanya.

Sementara itu, Letkol. Inf. Hipni Maulana Farhan mewakili Komandan Korem 031 Wirabima Pekanbaru mengatakan upaya percepatan penurunan Stunting di Provinsi Riau terus dilakukan.

“Penanganan Percepatan Stunting perlu melibatkan banyak pihak dan banyak aspek secara berkelanjutan, seperti aspek kesehatan, aspek keluarga dan aspek perilaku. Berkaitan dengan hal itu diharapkan peserta dapat mengikuti pembekalan penanganan Stunting tahun 2022 ini dengan maksimal,” jelasnya.

“Amanah ini harus kita jalankan dengan seoptimal mungkin, karena percepatan penurunan Stunting juga menjadi salah satu kontribusi kita dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals pada Tahun 2030 mendatang,” katanya.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan yaitu Direktur Bina Akses Pelayanan Keluarga Berencana BKKKBN, dr. H. Zamhir Setiawan, M.Epid.