Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melakukan Penandatanganan MoU dengan Kepala UPT Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Riau

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melakukan Penandatanganan MoU dengan Kepala UPT Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Riau tentang Pengampuan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi yang dilaksanakan pada Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Provinsi Riau Angkatan I Tahun 2022 bertempat di Hotel Grand Central Pekanbaru, pada tanggal 7 September 2022.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si menyampaikan penghargaan dan apresiasi karena kebutuhan pelatihan pelayanan kontrasepsi ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting sekali dalam rangka mendukung pencapaian pelayanan KB untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Tentu dengan adanya pelayanan KB, sebagaimana diketahui berbicara stunting tidak terlepas dari 4T (tidak terlalu muda, tidak terlalu tua, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu dekat melahirkan. Sehingga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, salah satu target sasaran intervensi sensitifnya adalah peningkatan kesertaan berKB dan menurunkan kehamilan yang tidak diinginkan, tentu semua melalui pelayanan KB dan penggunaan kesertaan berKB.

Peserta pelatihan ini adalah 4 kabupaten yang tertinggi angka stuntingnya berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2021 yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Rokan Hulu dan Kampar. Dikarenakan sesuai arahan BKKBN Pusat harus melatih Bidan yang lokus stuntingnya masih tinggi karena kabupaten tersebut berada diatas rata-rata Provinsi Riau.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada Kepala UPT Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Ewita Yuda beserta jajaran yang telah memfasilitasi pelatihan ini. Beliau berharap semoga kedepannya kerjasama ini bisa berjalan terus bersama-sama mewujudkan program-program dilapangan.